Partai politik, perkumpulan dan pendapat publik

BY: M.Tasar Karimuddin

1. partai politik: Disetiap negara khususnya negara yang demokrasi, partai politik merupakan salah satu lembaga organisasi yang sangat utama dalam pemerintahan.

R. G. Gettell, mengatakan, partai politik adalah suatu wadah yang terdiri dari kelompok masyarakat yang bersatu didalamnya, dimana mereka besatu dengan memakai kekuasaan yang dimiliki, untuk beraksi dalam perpolitikan.
Mempelajari partai- partai politik ini merupakan hal sangat penting untuk memahami sifat dasar dan cara kinerja institusi politik dalam negara.Jika partai- partai politik bertujuan dan berdiri berdasarkan rakyat, mengapa sampai sekarang rakyat masih merasa resah dan tidak puas???.

2. Asosiasi: Disamping partai- partai politik, ada beberapa kelompok atau asosiasi yang mana tak kalah pengaruhhya, baik secara langsung atau tidak. Kelompok ini bisa dikategorikan golongan putih ( golput ), dimana mereka tidak bersangkut paut dengan dunia perpolitikan misalya; organisasi pelajar, para ulama, Organisasi pemuda, persatuan ilmuwan dan lain- lain. Mempelajari organisasi ini juga penting. Sayangnya organisasi ini juga telah beralih kedunia hitam tersebut, alhasil jeritan rakyatpun menjadi tertawaan bagi mereka.

3. Pendapat publik: Berkembangnya jaman dengan teknologi telah membuka pemikiran masyarakat dalam negara, berbagai media berlomba dalam mengolah berita, baik dalam maupun luar negeri. Dari ini timbullah berbagai pendapat publik terhadap pemerintahan yang berlaku, Para pemimpin mau tak mau harus menyelesaikan setiap pertanyaan tersebut. Dengan munculnya media bermacam opini publik bergema, hal ini sangat berpengaruh bagi pemerintah, mereka merasa was- was dan teliti dalam menjalankan roda pemerintahannya. Tapi ini merupakan teori belaka, realitanya korupsi, kolusi, nepotisme masih kokoh bahkan bergentanyangan.

Masyarakat merupakan tombak negara, merek memiliki kekuasaan yang lebih dari pada para pemimpin, tetapi hal ini telah bertolak belakang dari pemikirin. Jika partai, Asosiasi ataupun sejenisnya berdiri karena rakyat mengapa rakyat merasa tertindas.

0 comments:

Post a Comment