Good Governance = Cenderamata Politik

Permainan isu tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) menjadi salah satu strategi pemenangan kandidat capres-cawapres di Pilpres 2009. Namun, isu ini masih dianggap cenderamata politik belaka yang tak punya prestasi.

Hal itu diungkapkan anggota tim sukses JK-Wiranto, Indra J Piliang dalam diskusi 'Good Governance, Pilihan Politik atau Tekanan Asing', di Intiland Tower, Jakarta, Selasa (9/6). Menurutnya, isu itu diembuskan sebagai cenderamata politik, karena prestasi pemerintah masih bermasalah.

"Yang punya good governance itu pemda, bukan di sentral. Pemerintah yang baik harus fokus pada transparansi kebijakan dan pertanggungjawaban atau akuntabilitas," kata mantan peneliti senior CSIS ini.

Menurut Indra, banyak contoh yang menunjukkan hal itu, seperti peran KPK yang masih bermasalah dalam penegakan korupsi. Selain itu, good governance mengarah pada intervensi yang terlalu jauh pada kaum kapitalis, seperti pada perusahaan- perusahaan.

Good governance juga dikatakan Indra sebagai proses Amerikanisasi, karena ada pembukaan pada pasar bebas. "Capres dan cawapres yang bicara good governance adalah pemerintahan yang sedang menyiapkan bangsa ini sebagai santapan asing dan korporat asing. Atau teralineasi dengan bangsa sendiri," imbuhnya.

Sumber: Inilah.

0 comments:

Post a Comment