Tokoh PAN Tidak Punya Etika Politik

Tokoh-tokoh Partai Amanat Nasional (PAN) sebaiknya memegang etika atau sopan-santun politik dalam demokrasi. Demikian anjuran salah seorang pendiri PAN, Goenawan Mohamad,Jumat (4/11).

Kalau PAN memutuskan untuk tak beroposisi dan ikut dalam pemerintahan SBY-Boediono, kata GM demikian Goenawan biasa dipanggil, sebaiknya para politisinya tak menyerukan Wapres dan Menkeu non-aktif sebelum mereka diusut secara hukum.

"Kalau mau demikian juga, lebih baik secara ksatria PAN beroposisi. Saya imbaukan ini kepada Amien Rais, yang dulu saya bantu dan dukung untuk memimpin Partai dan mencalonkan jadi presiden. Saya juga imbau politisi PAN lain supaya jangan menebarkan suasana fitnah," kata Goenawan.

Menurut Goenawan, mereka, termasuk Amien Rais, selama perjuangan "cicak" lawan "buaya" diam saja, maka seruan-seruan mereka soal Bank Century hanya memberi kesan bahwa mereka tak punya niat baik untuk pembrantasan korupsi. Mereka, termasuk Amin Rais, memberi kesan ingin mendepak lawan politik dan merebut posisi. Seakan-akan PAN, yang sudah punya sejumlah menteri penting di kabinet, masih haus kekuasaan.

"Cita-cita PAN tidak demikian," kata dia menambahkan. "Demokrasi yang hanya memamerkan rebutan jabatan dan tanpa etika akan memberi angin kepada kekuatan antidemokrasi. "


Sumber: Tempo Interaktif.

0 comments:

Post a Comment